Minggu, 17 Oktober 2010

Tugas Pengantar Bisnis Bab 1

RUANG LINGKUP BISNIS

PENGERTIAN BISNIS & JENISNYA
PENGERTIAN BISNIS 
Menurut Hughes & Kapoor bisnis adalah suatu kegiatan usaha individu yang teroganisiruntuk menghsilkan &menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

Menurut Brown & Potrello bisnis adalah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.


JENIS BISNIS
1. Usaha Pertanian
2. Produksi Bahan Mentah
3. Pabrik / Manufaktur
4. Konstruksi
5. Perdagangan
6. Transportasi dan Komunikasi
7. Finansial, Asuransi, Real Estate
8. Usaha Jasa
9. Usaha yang dilakukan oleh Pemerintah


TUJUAN KEBIJAKAN BISNIS
Tujuan Ekonomi : memperoleh keuntungan
Tujuan Sosial : memenuhi kebutuhandan keinginan masyarakat


SISTEM PEREKONOMIAN dan SISTEM PASAR
SISTEM PEREKONOMIAN
Sistem Perekonomian sangat berkaitan dengan sistem pasar dari produk itu sendiri

SISTEM PASAR
Sistem Pasar terbagi ke dalam 4 bagian :
1. Monopoli
2. Monopsoni
3. Oligopoli
4. Pasar Persaingan Sempurna


KESEMPATAN BISNIS/USAHA

Kesempatan  bisnis dapat muncul dari hobi kita sendiri, yang mungkin sebelumnya tidak sadar bahwa hobi a bisa dijadikan sebagai usaha. Kalau hobi atau bidang yang di kuasai saat ini belum layak untuk dijadikan peluang bisnis, maka kreati dan menyampaikan  ide-ide yang menimbulkan peluang bisnis. untuk mengathui celah bisnis dalam masyarakat maka , kita harus mengetahiui tentang hal2 yang yang  sedang berkembang di dalam masyarakat , antara lain “:

>. Kecenderungan pasar. Mengamati kebutuhan konsumen di pasar dapat menimbulkan peluang bisnis. Contoh, kecendrungan sebagian orang yang  akan belanja langsung ke pabrik dengan harga murah. Maka bermuncullah Factory Outlet di mana-mana. Dengan berbagai promosi maka FO menawarkan barang dengan harga murah dengan kualitas barang yang dapat dijamin.

>. Inovasi baru. Gagasan untuk menciptakan produk baru timbul karena adanya kebutuhan, sementara produk itu belum ada di pasaran. Apabila kita berhasil menciptakan produk tersebut dan dibutuhkan konsumen maka kita dapat menjadi yang pertama dan menguasai bisnis tersebut (leader). Tentunya kita akan mendapatkan keuntungan yang cepat namun jangan terlena biasanya pesaing mengincar kita dengan membuat bisnis yang sama dengan kita (challenger dan para follower).

>. Komplemen dari produk yang ada. Sebuah produk dapat memberikan peluang bisnis dengan membuat produk-produk yang melengkapinya, biasanya berupa aksesori. Produk otomotif seperti mobil biasanya disertai dengan produk aksesori yang menyertainya. Seperti diketahui, aksesori semacam ini bisa menjadi peluang bagi si pembuat produk maupun perusahaan.

>. Peristiwa yang digemari .Suatu peristiwa bisa menimbulkan peluang baru. Contoh, adanya musim kompetisi sepak bola, muncul produk-produk seperti t-shirt yang bergambar piala, pemain sepak bola favorit, dan lain-lain. Begitu juga dengan tokoh film yang sedang digemari, memunculkan produk yang bisa dan bahkan laris dijual. Contohnya boneka Dora, Pokemon, Spongebob, dan lain-lain.

>. Wawasan. Orang yang wawasannya luas, pergaulannya luas dan dia mau berpikir, maka akan menemukan peluang bisnis. Misalnya seseorang yang sering melihat bisnis yang dilakukan di luar negeri (bisa didapatkan dari media massa atau berkunjung) dan bisnis tersebut belum ada di negaranya, ini merupakan cara untuk mendapatkan peluang bisnis. Wawasan bisnis bertambah luas bukan hanya dengan cara pergi ke luar negeri, namun dapat juga dengan membaca majalah, buku, dan membaca di internet. Selain itu bisa juga melalui banyak bergaul dengan teman, relasi, dan saudara yang kebetulan menjalankan bisnis.

>. Bahan bacaan. Membaca, selain menambah wawasan dan pengetahuan, juga bisa menimbulkan gagasan yang mengandung peluang bisnis. Bahan bacaan bisa dari berbagai media. Bila Anda memang sedang berpikir keras mencari peluang, ketika Anda membaca iklan produk barang atau jasa, ada kemungkinan Anda mendapatkan peluang bisnis. Peluang yang Anda dapatkan bisa berbeda dengan yang diiklankan. Ada yang mengatakan bahwa peluaang bisnis bisa didapat dari halaman kuning (yang berisi direktori atau iklan). Minimal Anda akan mendapatkan 20 gagasan berpeluang dari membaca halaman kuning itu. Semakin banyak media yang menyajikan halaman kuning yang Anda basa- misalnya halaman kuning dari berbagai media negara- semakin banyak peluang yang akan Anda dapatkan.

>. Ide yang muncul .Kadang kala gagasan bisa muncul tiba-tiba, di mana saja dan kapan saja. Hampir setiap orang mengalaminya. Tetapi tidak banyak orang yang bisa mewujudkan gagasan menjadi usaha nyata yang membawa keuntungan. Kebanyakan orang melupakan ide-ide yang tiba-tiba muncul, dia tidak bisa melihat bahwa idenya bisa menjadi suatu peluang bisnis.melihat peluang binis yang dapat dijadikan sebagai data untuk melangkah ke dunia binis memberikan suatu celah untuk berbisnis yang di butuhkan dalam masyarakat

UNSUR UNSUR PENTING DALAM AKTIVITAS EKONOMI
Untuk berlangsungnya aktivitas ekonomi diperlukan 3 unsur, yaitu:
1. Kegiatan Manusia
2. Sumber-sumber Daya
3. Cara-cara berproduksi


HAKIKAT BISNIS
Kebutuhan manusia yang berupa barang dan jasa yang harus dipenuhi kebutuhannya dengan usaha mendapatkan alat pembayarnnya yaitu uang atau tukar-menukar barang ( barter ) yang saling menguntungkan di antara 2 belah pihak

MENGAPA BELAJAR BISNIS
1. Untuk mengerti tujuan berbisnis
2. Mengetahui kegiatan berbisnis
3. Untuk mengetahui sistem perekonomian dan sistem pasar
4. Mengetahui celah bisnis dalam masyarakat
5. Untuk mengetahui unsur utama dalam aktivitas ekonomi
6. Untuk mengetahui lebih dalam tentang cara berbisnis


sumber:
http://moebarak.wordpress.com
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/11/pengantar-bisnis-ekstraktif/
http://books.google.co.id 
http://ocw.gunadarma.ac.id/course/economics/manajemen-s1/pengantar-bisnis 
http://adhitya92.blogspot.com/2010/10/ruang-lingkup-bisnis.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar